Persebaran Jenis Tanah di Indonesia

PERSEBARAN JENIS TANAH DI INDONESIA

 I. PENDAHULUAN
Tanah merupakan komponen yang sangat penting untuk menunjang kehidupan di muka bumi. Tanah sangat beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia, terdiri dari lima pulau besar dan ribuan pulau kecil lainya. Indonesia terletak pada 6o LU - 11o LS dan di antara 95o BT - 141o BT yang merupakan wilayah tropis.
Batas wilayah tropika secara geografi terletak antara 23,5o lintang utara dan lintang selatan dari khatulistiwa. Wilayah vtropikan merupakan satu-satunya bagian permukaanbumi dengan mataharai yang melewatilangsunf diatas kepala. Wilayah tropis meiliki jenis tanah yang paling beragam di dunia sehingga jenis tanaman yang terdapat diwilayah tropis lebih beragam pula. Jenis tanah yang ada di Indonesia sangat beragam di antaranya tanah histosol, spodosol, andisol, oxisol, vertisol, aridisol, ultisol, mollisol, alfisol, inceptisols, entisol. II. DATA

III. PEMBAHASAN
Jenis tanah yang ada di Indonesia sangatlah beragam, setiap wilayah kepulauanyang ada memiliki jenis tanah yang beragam pula. Jenis-jenis tanah tersebut adalah : 
1. Tanah histosol Tanah histosol di indonesia meliputi wilayah sumatara, kalimantan dan irian jaya. Tanah histosol ini di Indonesia di manfaatkan untuk budidaya tanaman padi, tanaman palawija, tanaman sayur-sayuran, tanman tahunan. 
2. Tanah spodosol Tanah spodosol dicirikan dengan adanya lapisan pasir masam bewarna putih abu-abu diatas lapisan lempung berpasir yang bewarna gelap. Spodosol banyak digunakan sebagai hutan. 
3. Tanah andisol Tanah andisol di Indonesia diperkirakan menempati 3,4% luas wilayah daratan indonesia. Tanah tersebut berupa tanah subur . tanah andisol mempunyai prospek yang cukup baik untuk usaha di bidang pertanian. 
 4. Tanah oxisol Oxisol merupakan tanah yang telah mengalami pelapukan lanjut, tanah ini biasanya dijumpai pada permukaan tanah yang telah berumur tua. Pemanfaatan oxisol banyak digunakan untuk perladangan, pertanian subsistem, pengembangan dengan intensitas rendah, dan perkebunan yang intensif. 
5. Tanah vertisol Tanah vertisol di Indonesia terbentuk pada tempat-tempat yang berketinggian tidak lebih dari 300 mdpl. Pada umumnya tanah vertisol dimanfaatkan sebagai padang rumput. 
6. Tanah aridisol Aridisol mencakup tanah-tanah yang sudah menunjukkan perkembangan pedogenesis di daerah beriklim kering. Kemungkinan keberadaan tanah aridisol terdapat didaerah wilayah-wilayah NTT dan timot-timur. Vegetasi pohon yang ada di tanah ardisol adalah tanaman kaktus 
7. Tanah ultisol Tanah ultisol di indonesia merupakan bagian terluas dari lahan kering yang tersebar luas di sumatra, kalimantan, sulawesi, irian jaya serta sebagiankecil jawa. Sebagian besar tanah ultisol di Indonesia ditumbuhi oleh hutan tropika basah, semak belukar, dan hamparan padang alang-alang 
8. Tanah mollisol Tanah mollisol dikatakan sebagai tanah yang paling subur. Tanah jenis ini banyaj di jumpai di wilayah sumatra, sulawesi, jawa, nusa tenggara, irian jaya, maluku. Tanah mollisol banyak digunakan untuk menanam tanaman semusim. 
9. Tanah alfisol Tanah alfisol banyak tersebardi pulau jawa, sumatra., kalimantan, sulawesi, irian jaya, bali, NTB dan NTT. Tanah jenis ini banyak dimanfaatkan untuk budidaya tanaman semusim maupun tanaman tahunan. 
10. Tanah inceptisol Tanah inceptisol merupakan tanah muda dan mulai berkembang. Pada umumnya tanah inceptisol di manfaatkan untuk prtanaman padi sawah. 
11. Tanah entisol Entisol adalah tanah yang belum berkembang. Tanah entisol banyak digunakan untuk usaha pertanian didaerah endapan sungai atau rawa-rawa pantai.

  IV. KESIMPULAN.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak didaerah tropis yang memiliki beragam jenis tanah. Jenis tanah di indonesia ada sebelas yaitu histosol, spodosol, andisol, oxisol, vertisol, aridisol, ultisol, mollisol, alfisol, inceptisols, entisol. Tiap-tiap jenis tanah memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga jenis tanman yang tumbuh juga berbeda-beda

  V. DAFTAR PUSTAKA
Munir, moch.1996. Tanah-tanah Utama Di Indonesia. Pustaka Jaya : Jakarta P. Panagos. dkk. Tanpa Tahun. The Soil Map Of Asian. [Serial Online] http://eusoils.jrc.ec.europa.eu/esdb_archive/eudasm/asia/lists/cid.htm [21 Februari 2014]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar